Serangan Jantung Karena Stress di Tempat Kerja

Tuesday, September 18, 2012


Serangan Jantung Karena Stress di Tempat Kerja - Sering merasa tertekan di tempat kerja? Berhati-hatilah. Sebab, sebuah studi menunjukkan, orang yang tingkat stresnya tinggi di tempat kerja lebih berisiko terkena serangan jantung.
Serangan Jantung Karena Stress di Tempat Kerja
Serangan Jantung Karena Stress di Tempat Kerja
Kajian yang dipublikasikan dalam jurnal kedokteran Eropa, The Lancet, Jumat pekan lalu, 14 September 2012, menyebut, orang yang tertekan dan memiliki sedikit kebebasan dalam membuat keputusan di tempat kerja berpotensi 23 persen lebih besar terkena serangan jantung dibanding rekannya yang kurang tertekan.

“Hasil studi, baik yang terpublikasi atau tidak, memudahkan kami untuk menyelidiki hubungan antara penyakit jantung koroner  dan tekanan di tempat kerja dengan lebih tepat ketimbang sebelumnya,” kata kepala peneliti, Mika Kivimäki, dari Universitas College London. “Ada indikasi hubungan tekanan pekerjaan dengan risiko penyakit jantung koroner itu kecil namun konsisten, seperti serangan jantung.”

Kivimäki mengatakan, temuan studi sebelumnya, yang meneliti kaitan tekanan pekerjaan dan dampaknya bagi jantung manusia, masih terbatas. Sementara itu, proyek kolaborasi baru ini menguji hasil hampir 20 ribu survei dari 13 penelitian di Belgia, Denmark, Finlandia, Prancis, Belanda, Swedia, dan Inggris pada 1985 hingga 2006.

Para partisipan mengisi kuisioner di awal penelitian tentang tuntutan pekerjaan, beban kerja berlebihan, tingkat tuntutan berdasar waktu, dan kebebasan dalam membuat keputusan. Peneliti mencatat ada 2.356 kejadian serangan jantung ringan selama tujuh tahun.

Hasilnya jelas menunjukkan hubungan penyakit jantung dengan stres, di samping faktor gaya hidup, usia, gender, dan status sosial-ekonomi. Tingkat stres lebih rendah berarti lebih sehat buat jantung.

Pakar hubungan kerja menyatakan, stres di tempat kerja cenderung meningkat karena jenis pekerjaan yang melebihi delapan jam, dengan laptop dan ponsel pintar. “Orang-orang bekerja lebih keras. Mereka bekerja lebih lama, lembur berlebihan. Mereka dituntut berusaha lebih dalam berkerja,” kata Mike Cuma dari Legacy Bowes Group.

Sepuluh tahun terakhir ini, Brian Baker, dokter dari Heart and Stroke Faoundation telah menguji dampak stres terhadap jantung. Dia mengatakan, stres adalah masalah kesehatan, dan tidak dikenali secara persis. “Lebih baik tidak terlalu memikirkan dan terobsesi atas pekerjaan, karena kecenderungan terpengaruh stres sepanjang waktu,” kata Baker.

Catatan penting: Setelah baca artikel Serangan Jantung Karena Stress di Tempat Kerja jangan lupa bergabung Facebook Indoblogger ya.. makasih...


Catatan Penting...! Serangan Jantung Karena Stress di Tempat Kerja. Memang saya harus sedikit lebih teliti dan bekerja sebaik-baiknya untuk menyajikan ke hadapan kakak semua artikel yang berjudul Serangan Jantung Karena Stress di Tempat Kerja ini . Jika dipandang bermanfaat mohon jangan lupa untuk berkomentar ya...
 
© Copyright 2010-2011 HR Berita All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.